Sadranan atau Nyadran di Bulan Sya’ban Bukan dari Islam

Sadranan atau Nyadran di Bulan Sya’ban Bukan dari Islam


Oleh Hartono Ahmad Jaiz

Bahasa Jawa di bagian bawah

Sadranan utawi Nyadran ing Wulan Sya’ban Sanes Saking Islam

nyadran

Ilustrasi/ ekamadina

Apa yang dilakukan oleh banyak orang, dan tampaknya islami, bahkan sering dihiasi dalil, dapat kita temui. Misalnya amaliah dikaitkan dengan apa yang mereka sebut nishfu sya’ban atau pertengahan bulan sya’ban. Demikian pula adanya gejala ramai-ramai ke kuburan di mana-mana di bulan Sya’ban atau menjelang Puasa Ramadhan. Ziarah kubur tiba-tiba banyak dilakukan orang menjelang ramadhan, di Jawa disebut sadranan atau nyadran.

Ziarah kubur itu sendiri adalah sunnah, bila sesuai dengan tata aturan syari’at Islam. Di antaranya tidak menentukan waktu-waktu tertentu diulang pada waktu tertentu, dengan acara tertentu. Karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

…وَلَا تَجْعَلُوا قَبْرِي عِيدًا. (رواه أَبُو داود بإسنادٍ صحيح) .

“… dan jangan kalian jadikan kuburanku sebagai ‘id (hari raya, yakni tempat yang selalu dikunjungi dan didatangi secara berulang pada waktu dan saat tertentu)….” (HR Abu Dawud – 1746 dengan sanad shahih).

Kubur Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam saja tidak boleh dijadikan sebagai ‘id (hari raya, yakni tempat yang selalu dikunjungi dan didatangi secara berulang pada waktu dan saat tertentu, dengan upacara tertentu), maka mestinya kubur siapapun tidak boleh juga . Kalau sekadar diziarahi dan sesuai syari’at Islam, tentu tidak apa-apa. Bahkan bila benar-benar sesuai dengan syari’at Islam pelaksanaan ziarah kuburnya, justru sunnah dan mengandung hikmah di antaranya untuk mengingat akherat. Namun ketika kebanyakan orang berziarah kubur itu setiap menjelang Puasa Ramadhan, maka perlu dilihat lagi hadits tersebut. Dan tampaknya apa yang dilakukan ramai-ramai banyak orang itu tidak cocok.

Ketika dicocokkan dengan hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak cocok, maka perlu dicari sebenarnya dari mana asalnya kebiasaan tiap tahun itu, dan dianggapnya dari Islam itu?

Doktor filsafat lulusan Universitas Gadjah Mada yang kini menjadi pengajar di Universitas Negeri Yogyakarta, Purwadi, mengatakan, tradisi ziarah makam sudah sangat mengakar pada masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jawa.

Ziarah ke makam wali, kata Purwadi, merupakan kepanjangan dari tradisi hinduisme bernama upacara srada. Tradisi ini sudah ada pada masa pemerintahan Hayam Wuruk, raja yang memerintah Majapahit sekitar pertengahan abad ke-14.

Srada adalah upacara untuk memuliakan leluhur yang sudah meninggal. Dari kata srada itulah, masyarakat Jawa mengenal nyadran, yaitu kegiatan menziarahi makam leluhur. Biasanya nyadran ini dilakukan mendekati bulan puasa. Jadi, ziarah makam ini adalah bentuk akulturasi budaya Hindu dan Islam. (kompas cetak, Selasa, 18 Agustus 2009 | 12:00 WIB, dikutip Hartono Ahmad Jaiz dalam buku Kuburan-kuburan Keramat di Nusantara, Pustaka Al-Kautsar, Jakarta, 2011, halaman 280-281).

Dari segi lafalnya, ziarah kubur adalah dari Islam. Sedang sadranan atau nyadran dari lafal sadra yang maksudnya upacara Hindu untuk memuliakan leluhur yang sudah meninggal, berasal dari upacara Agama Hindu setiap menjelang puasa.  Itu satu sisi.

Dari sisi tidak bolehnya kuburan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dijadikan ‘ied, tempat yang dikunjungi dengan acara tertentu dan secara berulang pada waktu tertentu, mestinya Ummat Islam lebih mentaati Nabinya daripada ibadahnya orang kafir musyrik lalu dibungkus seolah islami. Kenapa demikian? Karena Allah Ta’ala telah menegaskan:

وَمَا كَانَ لِمُؤْمِنٍ وَلَا مُؤْمِنَةٍ إِذَا قَضَى اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَمْرًا أَنْ يَكُونَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ مِنْ أَمْرِهِمْ وَمَنْ يَعْصِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا مُبِينًا [الأحزاب/36]

Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang mukmin, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya maka sungguhlah dia telah sesat, sesat yang nyata. (QS Al-Ahzab/ 33: 36).

Ketegasan Allah Ta’ala sedemikian jelas. Sehingga kita tidak dibolehkan ada pilihan lain-lain lagi di luar keputusan Allah Ta’ala dan Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam.

(nahimunkar.com)

***

Bahasa Jawa

Sadranan utawi Nyadran ing Wulan Sya’ban Sanes Saking Islam

Dening Hartono Ahmad Jaiz

. menapa ingkang dipun tumindakake dening kathah tiyang, lan  katingalipun islami,bahkan asring dihiasi dalil, saged kita sedaya panggihi. kados ta amaliah dikaitkan kaliyan menapa ingkang piyambake sedaya sebat nishfu sya’ban utawi tengah wulan sya’ban. mekaten ugi entenipun gejala ramai-ramai datheng kuburan ing pundi-pundi ing wulan Sya’ban utawi menjelang siyam Ramadhan. Ziarah kubur dumadakan kathah dipun tumindakake tiyang menjelang ramadhan, ing Jawi disebut sadranan utawi nyadran. Wonten ugi sebutan ruwahan, dihubungaken kaliyah arwah utwi roh.
Ziarah kubur punika piyambak yaiku sunnah, menawi sami kaliyan tata tatanan syari’at Islam. ing antawisipun mboten menentukan wanci-wanci tertentu diulang ing wanci tertentu. amargi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

…وَلَا تَجْعَلُوا قَبْرِي عِيدًا. (رواه أَبُو داود بإسنادٍ صحيح) .

“… dan jangan kalian jadikan kuburanku sebagai ‘id (hari raya, yakni tempat yang selalu dikunjungi dan didatangi secara berulang pada waktu dan saat tertentu)….” (HR Abu Dawud – 1746 dengan sanad shahih).

kubur Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kamawon mboten angsal dipundadosaken dados ‘id (dinten raya, yakni panggen ingkang salajeng dikunjungi uga dipundhatengi sacara berulang ing wanci uga kala tertentu, kanthi upacara tertentu), mila mestinya kubur sintena kemawon mboten angsal uga . menawi sekadar diziarahi lan sesuai kalian syari’at Islam, tentu mboten menapa-menapa. Bahkan menawi leres-leres sami kaliyan syari’at Islam anggenipun ziarah kuburi, justru sunnah uga ngandung hikmah ing antawisipun konjuk ngelingi akherat. nanging nalika akeh-akehe tiyang berziarah kubur punika saben menjelang siyam Ramadhan, mila betah dipun tingali malih hadits kesebat. uga katingalipun menapa ingkang dipun tumindakake ramai-ramai kathah tiyang punika mboten gathuk.
Jama’ah Jum’ah rahimakumullah, nalika dipun gathukaken kaliyan hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mboten gathuk, mila betah dipun padosi saleresipun saking pundi asalipun kebiyasaan saben taun punika, uga dipun anggepipun saking Islam punika?
Doktor filsafat lulusan Universitas Gadjah Mada ingkang sakmenika dados pamucal ing Universitas Negeri Yogyakarta,Purwadi, ngginemaken, tradisi ziarah makam sampun mengakar sanget ing masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jawi.
Ziarah datheng makam wali, kandhane Purwadi, ngrupikaken kepanjangan saking tradisi hinduisme nduwe nami upacara srada. Tradisi niki sampun enten ing masa pamerentahan Hayam Wuruk, ratu ingkang ngengken Majapahit sekitar madyan abad datheng-14.
Srada yaiku upacara konjuk memuliakan leluhur ingkang sampun pejah. saking tembung srada punika, masyarakat Jawi nepang nyadran, yaiku kegiatan menziarahi makam leluhur. biyasanipun nyadran niki dipuntumindakake nyelaki wulan siyam. Dados, ziarah makam niki yaiku bentuk akulturasi budaya Hindu uga Islam. (kompas cetak, Selasa, 18Agustus 2009 | 12:00 WIB, dikutip Hartono Ahmad Jaiz lebet buku Kuburan-kuburan Keramat ing Nusantara, Pustaka Al-Kautsar, Jakarta, 2011, halaman 280-281).
Jama’ah Jum’ah rahimakumullah. saking segi lafalnya, ziarah kubur yaiku saking Islam. saweg sadranan utawi nyadran saking lafal srada/ sadra ingkang pangangkahipun upacara Hindu konjuk memuliakan leluhur ingkang sampun pejah, asalipun saking upacara agami Hindu saben menjelang siyam. punika setunggal sisi.
saking sisi mboten angsalipun kuburan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dipun dadosaken ‘ied, panggen ingkang dikunjungi kaliyan acara tertentu uga sacara berulang ing wanci tertentu, mestinya Ummat Islam langkung mentaati Nabinya daripada ibadahnya tiyang kafir musyrik lajeng dibungkus seolah islami. punapa mekaten? amargi Allah Ta’ala sampun menegaskan:

وَمَا كَانَ لِمُؤْمِنٍ وَلَا مُؤْمِنَةٍ إِذَا قَضَى اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَمْرًا أَنْ يَكُونَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ مِنْ أَمْرِهِمْ وَمَنْ يَعْصِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا مُبِينًا [الأحزاب/36]

Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang mukmin, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya maka sungguhlah dia telah sesat, sesat yang nyata. (QS Al-Ahzab/ 33: 36).

lan  mbotena patut kangge kakung ingkang mukmin lan  mboten (ugi) kangge estri ingkang mukmin, menawi Allah lan  Rasul-Nya sampun menetapkan samukawis ketetapan, badhe enten kangge piyambake sedaya pilihan (ingkang benten) babagan urusan piyambake sedaya. lan  barangsiapa mendurhakai Allah lan  Rasul-Nya mila saestua piyambakipun sampun sesat, sesat ingkang yektos. (QS Al-Ahzab/ 33: 36).

Ketegasan Allah Ta’ala samekaten pertela. dadosipun kita sedaya mboten dipun angsalaken enten pilihan benten-benten malih ing luar keputusane Allah Ta’ala lan  Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wasallam.

(nahimunkar.com)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: