Aktivis Dunia Maya Kampanyekan #Indonesia Tanpa JIL


CyberSabili-Jakarta. Perseteruan yang terjadi di situs jejaring sosial antara para pendukung Front Pembela Islam (FPI) dengan Jaringan Islam Liberal (JIL) tak kunjung usai. Bagaikan musuh abadi, kedua kelompok ini saling beradu pesan (twit war) satu sama lain.

Perseteruan ini telah berlangsung lama. Namun memuncak pada kasus penolakan kedatangan FPI yang akan meresmikan cabangnya di Kalimantan Tengah oleh masyarakat aslinya, suku Dayak.

Pihak yang kontra dengan FPI lantas membangun dukungan dengan membuat hash tag #IndonesiaTanpaFPI di jejaring sosial twitter, dan mengkampanyekan pembubaran ormas FPI. Gerakan yang muncul di social media ini kemudian melaksanakan aksi di Bunderan HI untuk mendukung pembubaran FPI pada Selasa (14/2/2012).

Disinyalir yang memotori gerakan ini adalah organisasi JIL dengan icon-nya Ulil Abshar Abdalla. Seperti yang disebutkan Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Rikwanto di Jakarta, Selasa, bahwa informasi yang diterima kepolisian, massa yang menggelar aksi sebanyak 100 orang berasal dari JIL. Demikian pernyataan ini seperti dikutip dari ANTARA.

Meski demikian, Ulil dalam statusnya di media sosial twitter berkilah kalau aksi ini dimotori oleh organisasinya. Ia mengklaim kalau aksi ini murni gerakan sipil yang menentang keberadaan FPI. “Jelas sekali aksi #IndonesiaTanpaFPI kemaren itu diorganisir oleh kalangan masyarakat sipil Jakarta. Tak ada kaitannya dg JIL,” tulisnya.

Sementara, kelompok yang kebanyakan aktivis muslim dan memiliki akun di jejaring sosial twitter ini mendukung FPI dengan membuat hash tag #IndonesiaTanpaJIL. Gerakan ini mengkampanyekan Indonesia bersih dari pemikiran JIL. Kelompok inipun membuat video berdurasi 32 detik yang di upload di youtube. Dengan menggunakan icon Fauzi Baadila yang dikenal bermusuhan dengan pemikiran JIL, kelompok ini mengkampanyekan anti JIL. Video yang baru berusia satu hari ini sudah ditonton lebih dari 3000 orang. (Yudy Fachrurozi)

Berikut video kampanye #IndonesiaTanpaJIL tersebut:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s