SHALAT NAFILAH (TATHTHOWWU’, SUNNAH)

“Dua rakaat (sebelum shalat) fajar lebih baik dari dunia beserta isinya.” (HR. Muslim II/160 no. 1721)

QIYAMUL LAIL (TAHAJJUD)

“Hendaklah kalian melakukan Qiyamul Lail karena hal tersebut merupakan kebiasaan orang-orang Shaleh sebelum kamu, dapat menghapuskan dosa serta kesalahan dan dapat menyingkirkan penyakit dari badan.” (HR. Tirmidzi XIII/72 no. 3895 Abu Isa berkata., hadits ini gharib)

DZIKIR DAN TASBIH

“Tidak mampukah salah seorang diantara kalian meraih seribu kebaikan dalam sehari?, maka berkatalah salah seorang sahabat, “bagaimanakah salah seorang diantara kita meraih seribu kebaikan dalam sehari? Beliau bersabda, “Ucapkan tasbih سبحان الله و بحمده (Subhanallahi wa bihamdih) seratus kali, niscaya akan dicatat baginya seribu kebaikan dan dihapus baginya seribu keburukan.” (HR. Muslim VIII no. 7072)
“Ada dua kalimat yang ringan (diucapkan) oleh lisan tetapi berat dalam timbangan di sisi Allah عزوجل: Subhanallahi wa bihamdih subhanallahi al azhiim.” (HR. Bukhari XXII/172 no. 7021)
“Subhanallah wal hamdulillah walaa ilaaha illallah wallahu akbar (adalah kalimat yang dengan membacanya akan ditanamkan bagimu sebatang pohon dalam surga.” (Shohih Ibnu Majah XI/3939, Syaikh Al Albani menShohihkannya)

ISTIGFAR

“Beruntunglah orang yang mendapatkan dalam lembaran (kehidupan)nya istigfar yang banyak.” (Shohih Ibnu Majah XI/411 no. 3950 Syaikh Al Albani berkata (Hadits ini) shohih)
SHALAWAT KEPADA NABI صلى الله عليه وسلم

“Siapa yang (membaca) shalawat kepadaku sekali saja maka Allah akan bershalawat (merahmatinya) sepuluh kali. Dan dihapuskan baginya sepuluh kesalahan serta diangkat untuknya sepuluh derajat.” (Shahih An-Nasa’I III/58 no. 1296, Syaikh Al Abani hadits ini shahih)

MEMBERI MAKAN MEMBUKA BAGI ORANG YANG PUASA

“Siapa yang memberi makan berbuka bagi orang berpuasa maka baginya pahala bagi orang tersebut dan tidak mengurangi pahala orang yang berpuasa sekalipun. “(HR. Tirmidzi III/370 no. 812 Abu Isa hadits ini hasan shahih)

BERIBADAH PADA LAILATUL QADAR

“Siapa yang beribadah pada malam lailatul qadar dengan keimaman dan mengharapkan pahala maka diampuni baginya dosanya yang telah lalu.” (HR. II/672 no. 1802)

ZAKAT FITRAH

“Shadaqah (zakat) fitrah adalah pensuci bagi orang yang berpuasa dari kelalaian dan perbuatan buruk dan untuk member makan bagi orang-orang miskin. ” (Shahih Targhib Wa Tarhib I/263 no. 1085)

SHADAQAH

“Hendaklah kalian bershadaqah dengan tesembunyi, karena hal demikian itu dapat menahan amarah Allah عزوجل. ” (Shilsilah Ash Shahihah VI/407 no. 1908)

BERJIHAD DI JALAN ALLAH عزوجل

“Siapa yang berinfaq dijalan Allah عزوجل maka dicatat baginya tujuh ratus lipat.” (HR. Ahmad IV/345 no. 19057, dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam shahih Al Jami’ no. 6110)
“Siapa yang menyedikan (segala keperluan) bagi seseorang yang berperang maka dia (dianggap) telah berjihad dan siapa yang memberikan jalan bagi keluarganya untuk berperang maka dia teah berperang. ” (HR. Muslim III/ 1506 no. 1895)

MENJENGUK ORANG SAKIT

“Seseorang yang pada sore hari menjenguk orang sakit, maka saat keluar diiringi oleh tujuh puluh ribu malaikat yang memohon ampunan untuknya hingga pagi hari dan siapa yang menjenguknya pada pagi hari maka saat dia keluar diiringi tujuh puluh ribu malaikat yang memohon ampunan untuknya hingga sore hari. ” (HR. Abu Dawud II/202 no. 3098, Shahih Targhib Wa Tarhib III/197 no. 3476)

BERHARAP PAHALA ATAS DATANGNYA MUSIBAH

“Allah عزوجل berfirman : ‘Anak Adam. . . jika engkau sabar dan mengharap pahala saat pertama kali datang musibah maka tidak ada balasan yang Aku ridhai kecuali surga. ” (HR. Abu Dawud II/202 no. 3098, Shahih Targhib Wa Tarhib III/ 197 no. 3476)

Sumber Refrensi
Al-Munjid fi Khair, Abdurrachman Al-Jami’

Iklan

One response »

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s