MINHAJUL MUSLIM


 

DATA BUKU

Judul asli: Minhaj al-Muslim Kitab Aqa`id wa Adab wa Akhlaq wa Ibadat wa Mu’amalat.
Judul terjemah: Minhajul Muslim, Konsep Hidup Ideal dalam Islam
Penulis: Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jaza`iri
Muraja’ah: Tim Editor Ilmiah Darul Haq
Tebal buku: 1200 halaman + xliv
Ukuran buku: 16 x 24,5 cm
Harga : Rp.123.000

URGENSI TEMA BUKU

Di awal buku sebelum penulis memulai mukadimah, penulis mencantumkan Firman Allah Ta’ala,

{لِكُلٍّ جَعَلْنَا مِنْكُمْ شِرْعَةً وَمِنْهَاجًا}.

“Untuk tiap-tiap umat di antara kamu, Kami tetapkan aturan dan minhaj (jalan hidup yang terang).” (Al-Ma`idah: 48)

Dengan ayat ini, wallahu A’lam, penulis ingin menekankan bahwa isi buku ini adalah syari’at dan minhaj yang Allah turunkan bagi kita kaum Muslimin. Dan benar, buku kita ini adalah konsep dan syariat Islam dalam bentuknya yang padat dan simpel, yang memuat pokok-pokok ajaran Islam: Akidah, ibadah, mu’amalah dan akhlak. Semua pokok-pokok dasar akidah Islam, pokok-pokok ibadah Islam, pokok-pokok mu’amalah dan akhlak Islam, termuat dalam satu genggaman buku kita ini.

Dan yang sangat membanggakan, setiap poin ilmiah dalam buku ini ditegakkan di atas dalil, baik dari al-Qur`an, as-Sunnah, Ijma’ maupun juga qiyas, bahkan dikukuhkan dengan dalil aqli (nalar). Maka membawa buku ini, seakan memegang titah Allah dan RasulNya dalam satu genggaman tangan.

Syariat Islam adalah aturan dan undang-undang Allah yang lengkap, yang menyentuh pendidikan hati, pikiran, lisan dan aktivitas anggota badan. Satu judul buku biasanya mengusung satu tema pokok, dan paling luas satu disiplin akademis; akidah misalnya, atau fikih, atau hadits dan seterusnya. Sehingga sekalipun berjilid-jilid tetap fokus pada tema atau disiplin yang diusung. Dan jarang sekali satu judul buku, apalagi dalam satu jilid, yang mampu menyuguhkan konsep Islam dan Syariat secara menyeluruh dan utuh dalam satu genggaman.

Ini terdengar mustahil, tapi silahkan Anda cermati buku kita ini, maka kami yakin Anda berkesimpulan sama, bahwa buku kita ini adalah satu di antara sedikit buku-buku yang memiliki karakter unik, yaitu satu buku tetapi memuat Syariat Islam secara menyeluruh dalam semua tema pokoknya: Akidah, ibadah, mu’amalah dan akhlak. Lebih dari itu, buku ini menyuguhkan setiap masalah, lengkap dengan dalil-dalil yang mendasarinya.

Kitab asli dari buku kita ini termasuk best seller internasional, dan telah diterjemahkan ke dalam banyak bahasa dunia, dan memang tersebar luas di dunia Islam khususnya. Dan yang menjadikan buku ini sangat patut mendapat perhatian kita kaum Muslimin, bahwa penulisnya adalah salah seorang ulama besar di Saudi Arabia yang aktif memberikan kajian-kajian ilmiah di Masjid Nabawi. Semoga Allah menjaga beliau dan memberkati umur beliau.

ISI BUKU SECARA GARIS BESAR

DALAM BAB PERTAMA, buku kita ini mengulas pokok-pokok akidah Islam, dan membahas tema-tema akidah keimanan berdasarkan urutan rukun-rukun Iman yang enam:

Pasal pertama: Beriman kepada wujud (eksistensi) Allah sebagai yang menciptakan langit dan bumi dengan segala isinya, Dialah Pemilik dan Pengatur semesta ini, yang memiliki segala sifat kesempurnaan dan terbebas dari segala bentuk kekurangan. Dan ini berdasarkan dalil-dalil naqli dan dalil-dalil aqli.

Dalil-dalil naqli yang dimaksud:
1. Berita Allah tentang eksistensi DiriNya dan tentang Dia Yang mencipta dan mengatur semesta ini dalam banyak ayat-ayat dalam Kitab suciNya yang mulia, yang kemudian disebutkan satu persatu.
2. Berita yang disampaikan oleh 124 nabi dan rasul tentang adanya Allah.
3. Berimannya jutaan manusia di bumi ini tentang adanya Allah.
4. Dan berita yang dinyatakan oleh jutaan ulama dan para ahli dalam berbagai disiplin ilmu tentang adanya Allah Ta’ala.

Dan dalil-dalil aqli tentang adanya Allah sangatlah beragam. Dapat Anda kaji di sini.

Pasal kedua: Beriman kepada Rububiyah Allah, yakni beriman dan berkeyakinan bahwa hanya Allah yang menciptakan alam semesta dan semua makhluk, hanya Allah yang mengatur semuanya, maka semuanya adalah milik Allah semata, tidak ada sekutu bagiNya dalam mencipta, mengatur dan memiliki; sehingga hanya Allah yang berhak mengatur alam ini dan tak terkecuali manusia.

Ini kemudian dibuktikan oleh dalil-dalil naqli dan aqli, yang dapat Anda telaah secara mendalam dan jelas dalam buku kita ini.

Pasal ketiga: Beriman kepada Uluhiyah Allah, yakni menyembah dan mengabdi kepada Allah semata dengan segala macam bentuk penyembahan dan pengabdian, sebagai satu-satuNya Dzat yang berhak disembah, tidak ada sesembahan yang haq melainkan Dia.

Pasal ini juga diulas secara utuh oleh penulis berdasarkan dalil-dalil naqli dan dalil-dalil aqli.

Pasal keempat: Beriman kepada nama-nama dan sifat-sifat Allah, yakni menyandangkan nama-nama dan sifat-sifat yang disandangkanNya untuk DiriNya dan disandangkan kepadaNya oleh RasulNya Shollallohu alaihi wasallam.

Kemudian penulis menyebutkan berbagai dalil-dalil naqli dan dalil-dalil naqli yang mendasarinya.

Pasal kelima: Beriman kepada para malaikat alaihimussalam.

Pasal ini juga dibahas oleh penulis lengkap dengan dalil-dalil naqli dan aqli, berikut segala segi yang merupakan bagian dari apa-apa yang wajib diimani berkaitan dengan para malaikat.

Pasal keenam: Beriman kepada kitab-kitab Allah.
Pasal ketujuh: Beriman kepada al-Qur`an secara tersendiri dan fokus. Apa saja segi-segi keimanan terhadap al-Qur`an yang tidak boleh tidak ada pada diri seorang yang beriman? Semuanya dapat Anda kaji secara menyeluruh dengan dalil-dalil naqli dan aqlinya dalam buku kita ini.

Pasal kedelapan: Beriman kepada Rasul-rasul Allah.
Pasal kesembilan: Beriman kepada kerasulan nabi Muhammad Shollallohu alaihi wasallam.
Setiap Muslim wajib beriman kepada semua rasul yang pernah diutus Allah, dan Allah menutup kerasulan dan kenabian dengan nabi kita Muhammad Shollallohu alaihi wasallam. Karena itu keimanan kepada para rasul harus dilihat sebagai bagian kewajiban beriman kepada Nabi Muhammad sebagai penutup para rasul.

Pasal kesepuluh: Beriman kepada Hari Akhir.
Pasal kesebelas: Beriman kepada azab dan nikmat kubur.
Pasal kedua belas: Beriman kepda Qadha` dan Qadar.
Pasal ketiga belas: Tauhid uluhiyah atau tauhid ubudiyah. Dan inilah yang paling mendasar dari pembahasan buku kita ini, karena inilah tonggak dari ubudiyah yang benar kepada Allah Ta’ala.

Pasal keempat belas: Tawassul dan Wasilah
Pasal kelima belas: Wali-wali Allah serta karamah-karamah mereka dan wali-wali setan serta kesesatan-kesesatan mereka. Tema pasal ini sangat relefan dengan suasana keislaman di sebagian daerah di tanah air yang kental dengan isu-isu kewalian, dan tidak jarang berbau dongeng dan mistis. Dan untuk melihat berbagai isu tersebut dengan kaca mata Islam yang benar, buku kita ini menyuguhkan berbagai pokok dan prinsip yang sangat membantu, agar kita tidak terjerumus kepada talbis (campur aduk) antara karamah dengan khurafat.

Pasal keenam belas: Beriman kepada wajibnya amar ma’ruf nahi mungkar.
Apa sebenarnya hakikat amar ma’ruf dan nahi mungkar? Prinsip apa saja yang harus terpenuhi dalam amar ma’ruf nahi mungkar? Tema pasal ini sangatlah penting, karena dengan tetap tegaknya amar ma’ruf dan nahi mungkarlah, masyarakat Islam dapat tetap utuh dan terjaga dari berbagai nilai negatif.

Pasal ketujuh belas: Beriman kepada wajibnya mencintai para sahabat Nabi Shollallohu alaihi wasallam, keutamaan mereka serta memuliakan para ulama dan pemimpin kaum Muslimin.
Para sahabat Nabi Shollallohu alaihi wasallam dan para ulama Islam memiliki hak yang besar pada diri setiap kita. Apa saja hak-hak mereka? Temukan di sini. Ini sangat penting, karena akhir-akhir ini banyak kaum Muslimin yang telah terjerumus ke dalam kebatilan yang dihembuskan oleh para pengikut Agama syi’ah dan kesesatan yang mencaci para sahabat Nabi Shollallohu alaihi wasallam dan para ulama Islam. Ini adalah benteng akidah.

DALAM BAB KEDUA, buku kita ini membahas tentang adab-adab Islam, yang memuat banyak sub pasal, yang mengulas secara lengkap dengan dalil-dalilnya: 1). Adab-adab niat. 2). Adab-adab kepada Allah. 3). Adab-adab terhadap al-Qur`an, 4). adab-adab terhadap Rasulullah Shollallohu alaihi wasallam. 5). Adab-adab terhadap diri sendiri yang mencakup: Taubat, muraqabah, muhasabah, dan mujahadah. 6). Adab-adab kepada sesama manusia, yang mencakup: Adab kepada kedua orangtua, adab kepada anak-anak, adab kepada saudara, adab interaksi suami-istri, hak-hak istri dari suami, hak-hak suami dari istri, adab kepada kerabat, adab kepada tetangga, adab-adab sesama Muslim, adab-adab kepada orang-orang kafir, adab-adab kepada hewan. 7). Adab-adab persaudaraan dan saling mencintai karena Allah serta adab-adab membenci karena Allah, dan juga hak-hak persaudaraan karena Allah. 8). Adab-adab duduk dalam majelis. 9). Adab-adab makan dan minum, 10). Adab-adab bertamu. 11). Adab-adab bepergian jauh (safar). 12). Adab-adab berpakaian. 13). Adab-adab fitrah, dan 14). adab-adab tidur.

DALAM BAB KETIGA, buku kita ini membahas masalah akhlak. Di sini perlu diperhatikan bahwa ternyata adab dan akhlak adalah suatu yang berbeda. Apa saja perbedaannya? Semua dapat Anda kaji di sini.

Bab keempat ini memuat: 1). Wajibnya berakhlak baik. 2). Akhlak sabar dan bagaimana menanggung rasa sakit. 3). Akhlak tawakal kepada Allah dan akhlak bersandar pada kemampuan diri sendiri. 4). Akhlak mencintai kebaikan, 5). Akhlak adil dan lurus. 6). Akhlak kasih sayang. 7). Akhlak berbuat Ihsan. 8). Akhlak bersikap jujur. 9). Akhlak kedermawanan. 10). Akhlak rendah hati dan tercelanya sifat sombong. Dan 11). akhlak-akhlak tercela dalam Islam: Zhalim, dengki, menipu,riya`, ujub, membual, lemah semangat, dan malas.

BAB KEEMPAT, membahas tema ibadah; mulai dari: 1). Thaharah dengan berbagai rinciannya, lalu 2). Shalat dari berbagai seginya: Hukum dan syarat Shalat, Tata cara Shalat yang benar, Shalat Jamaah dengan segala permasalahan di dalamnya, Shalat Jum’at, Shalat Id, Shalat-shalat Sunnah, dan sebagainya, termasuk shalat jenazah dan rincian tata cara mengurus jenazah.

RINGKASNYA

Buku ini adalah buku yang memiliki cakupan luas, tetapi padat dan simpel dan memiliki karakter yang kuat karena tegak di atas dalil-dalil naqli al-Qur`an dan as-Sunnah serta ditopang dengan dalil-dalil aqli, sehingga juga memenuhi kebutuhan intelektual masyarakat moderen. Semua kebutuhan dasar seorang Muslim dalam tema akidah, adab, akhlak, ibadah dan mu’amalah, Insya Allah terpenuhi dalam buku kita ini. Maka sangatlah penting menjadi rujukan harian bahkan rujukan akademis, dan akan sangat bagus jika setiap Muslim melengkapi perpustakaan pribadinya, perpustakaan masjid masyarakatnya, bahkan perpustakaan kantornya dengan buku yang satu ini.

Semoga Allah mendatangkan manfaat dengan kehadiran buku ini untuk masyarat Muslim Indonesia. Dan hanya kepada Allah kita memohon hidayah dan taufik. Amin.

 

About these ads

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s